Minggu, 07 Maret 2010

Apa sih "Nanotechnology" itu ?




Pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan "nanotechnology". Setiap kita mencari di google atau search engine lain pasti sudah banyak deskripsi lengkap tentang nanotechnology itu sendiri. Saya ingin berbagi ke teman-teman semua, apa sih nanotechnology itu??


Teknologi Nano Berkembang Pesat. Ukuran makin Kecil, Kekuatan makin Tinggi.
Nanoteknologi sebenarnya merupakan rekayasa sistem fungsional pada tingkat molekul.
Dimana teknologi nano berarti "membangun" sesuatu dari tingkat yg rendah (nano) menuju ke tingkat yang lebih tinggi.



Pada hakekatnya, Nanoteknologi mencakup pengembangan teknologi dalam skala nanometer, biasanya 0,1 sampai 100 nm ( 1 nm = 1/1.000 mikrometer atau 1/1.000.000 milimeter). Istilah ini kadangkala diterapkan ke teknologi sangat kecil.

Nano teknologi mengadaptasi pembentukan organisme dari sel.
Sel bergabung dan saling bekerjasama menjadi kumpulan sel (jaringan)>>>kumpulan jaringan bekerjasama menjadi organ.>>>kumpulan organ bekerjasama menjadi sistem organ>>>kumpulan sistem organ yg bekerjasama manjadi organisme.

Jadi dari kumpulan materi yg di mulai dari ukuran 1 nano akhirnya menjadi suatu "organisme buatan" yang memiliki karakteristik tertentu.





Istilah nanoteknologi kadangkala disamakan dengan nanoteknologi molekul (juga dikenal sebagai "MNT"), sebuah conjecture bentuk tinggi nanoteknologi dipercayai oleh beberapa dapat dicapai dalam waktu dekat di masa depan, berdasarkan nanosistem yang produktif.

Nanoteknologi molekul akan memproduksi struktur tepat menggunakan mechanosynthesis untuk melakukan produksi molekul. Nanoteknologi molekul, meskipun belum ada, dipromosikan oleh para pendukungnya nantinya akan memiliki dampak yang besar dalam masyarakat bila benar-benar terjadi.


Hal implikatif dalam teknologi misalnya mampu memproduksi segala jenis barang, melenyapkan masalah pemanasan global, menyembuhkan semua penyakit, memperpanjang usia hidup secara dramatis, menunda ketuaan ataupun sebagai mesin penumbuh makanan.

Teknologi dipandang sebagai jembatan penghubung dunia ilmiah dan fiksi.

Tapi, teknologi nano memiliki masalahnya sendiri. Asosiasi para futuris melihat nano sebagai jalan ke Techno-Utopia, yaitu suatu kesempurnaan yang akan terjadi di dunia ini seperti adanya industri tanpa polusi, kemakmuran tanpa batas, bahkan yang ekstrim adalah keinginan mencapai kehidupan abadi karena penuaan dapat dihindari.





Pertanyaannya, apakah dengan ini semua maka dunia, bumi tempat kita berpijak dan hidup di dalamnya dapat menuju kedamaian dan ketentraman abadi ataukah bumi akan semakin rusak dengan implikasi negatif dari penggunaan teknologi tsb, termasuk di bidang perlombaan persenjataan, spionase dan hal-hal negatif lainya?



Kemajuan yang seperti ini harus kita dukung dengan bijak dan dengan jalan berfikir yang terus maju ke depan serta selalu positif thinking. Sebisa mungkin kita hindari hal-hal yang dapat merugikan umat manusia dan bumi ini tentunya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar